PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Sejarah dan pendidikan adalah dua hal
penting yang dapat dijadikan pijakan dalam menentukan maju dan mundurnya sebuah
peradaban, karena dengan sejarah kita dapat belajar dari masa lalu untuk
memperbaiki masa depan, sedangkan dengan pendidikan kita dapat mengupgrade
tingkat sumber daya manusia.
Pendidikan
Islam memunyai sejarah yang panjang, dalam pengertian yang lesuas-luasnya,
pendidikan Islam berkembang seiring dengan munculnya Islam itu sendiri.
Oleh karena itu, mempelajari sejarah
pendidikan adalah hal yang sangat penting, karena kita dapat menilai seberapa
kemajuan pendidikan peradaban kita dari masa ke masa. Sebelum kita belajar
banyak tentang Sejarah Pendidikan Islam, ada baiknya kita ketahui dulu
pengertian sejarah, sejarah pendidikan Islam, obyek, materi dan tujuan
mempelajarinya, agar memudahkan dalam mempelajari Sejarah Pendidikan Islam.
Sejarah pendidikan Islam, tidak terlepas
dari sumber pendidikan Islam yaitu Allah SAW sebagai sumber utama melalui
fiman-firmannya yang terdapat dikitab suci umat Islam yaitu Al-Quran. Sumber
yang kedua ialah sunnah Nabi Saw. Yang mana dari beliaulah awal mula timbulnya
sejarah pendidikan Islam, melalui sunnahnya. Oleh sebab itu sunnah mencerminkan
prinsip, manisfestasi wahyu dalam segala perbuatan, perkataan dan taqriri nabi,
maka beliau menjadi tauladan yang harus diikuti. Dalam keteladanan Nabi terkandung
pendidikan yang sangat besar artinya, sumber pendidikan Islam selanjutnya
adalah perkataan dan perbuatan sahabat yang merupakan penerus atau yang paling
memahami Rasulullah, selanjutnya ijtihad. Sejarah pendidikan Islam amat perlu
dipelajari dan dibaca oleh kalangan mahasiswa, calon guru agama Islam dan
pengelola pendidikan Islam. Untuk itu dalam makalah kami akan membahas tentang
sejarah dan penggunaan sejarah pendidikan Islam.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dalam
makalah ini adalah :
1.
Apakah
pengertian dari sejarah ?
2.
Apakah
pengertian dari pendidikan Islam ?
3.
Apakah
pengertian dari sejarah pendidikan Islam ?
4.
Apakah
kegunaan atau manfaat dari sejarah pendidikan Islam ?
C. Tujuan
Masalah
Tujuan
dari pembuatan makalah ini adalah :
1.
Menjelaskan
pengertian dari sejarah
2.
Menjelaskan
pengertian dari pendidikan Islam
3.
Menjelaskan
pengertian dari sejarah pendidikan Islam
4.
Menjelaskan
kegunaan atau manfaat dari sejarah pendidikan Islam
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Sejarah
Kata sejarah secara etimologi dapat
diugkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikh,
sirah, atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan
ilmu tarikh yaitu ilmu yng membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya
peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history, yang berarti uraian secara
berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau.
Adapun sacara terminology sejarah adalah sejumlah
keadaan dan peristiwa pentingyang terjadi di masa lampau dan benar-benar pada
individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang
telah terjadi. Jadi, sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah
peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun
tersurat dalam ruang lingkup yang luas.
B. Pengertian
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam yaitu proses bimbingan
seorang pendidik tehadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta kearah
terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena pendidikan Islam merupakan alat
yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup
manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh ketentraman hidup di
dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat. Dalam hal ini, pendidik berperan
sebagai pemegang alat kunci yang banyak menetukan keberhasilan suatu proses
pendidikan, sebagaimana telah berkembang di berbagai daerah dari system yang
sangat sederhana sampai pada system pendidikan Islam yang modern.
Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat merupakan pendidikan yang
lebih mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal
perbuatan, sikap, baik bagi keperluan individu maupau orang lain yang bersifat
teoritis dan praktis.
Agus
Basri,
dalam bukunya Pendidikan Islami
sebagai Penggerak Pembaharuan. mengatakan bahwa pendidikan adalah usaha
mendorong dan membantu seseorang mengembangkan segala potensinya serta mengubah
diri sendiri, dari suatu kwalitas kepada kwalitas yang lain yang lebih tinggi.
Dari berbagai pengertian pendidikan
Islam diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses
bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap
mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi
mislim yang baik (insan kamil).
C. Pengertian
Sejarah Pendidikan Islam
Berangkat dari pengertian sejarah
dan pengertian pendidikan Islam yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan
bahwa sejarah pendidikan Islam adalah sebuah proses pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu sejak Islam lahir sampai masa
sekarang. Zuhairini dkk (1992: 2)
megungkapkan bahwa: Sejarah Pendidikan Islam atau “Tarikhut Tarbiyyah
Islamiyyah” adalah sebagai berikut: (a)
keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari waktu ke
waktu yang lain, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan masa sekarang; dan
(b) cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembagan
pendidikan Islam, baik dari segi ide kan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi
sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang.
Drs. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah
pendidikan Islam yaitu :
a)
Catatan
sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam sejak
lahirnya Nabi hingga saat ini.
b)
Suatu
cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan
pendidikan Islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga mupun
opersinalasasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.
Setelah kita mengetahui arti dari sejarah
dan pendidikan Islam, maka Sejarah Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai
rekontruksi masa lalu pendidikan Islam, baik institusi maupun kegiatannya.
D. Kegunaan
atau Manfaat Sejarah Pendidikan Islam
Secara umum sejarah mengandung
kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah
menyimpan atau mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan
melahirkan nilai-nilai baru bagi pertumbuhan serta perkembangan kehidupan umat
manusia. Sumber utama ajaran Islam adalah al-qur’an yang mengandung banyak
sekali nilai-nilai kesejarahan, yang langsung dan tidak langsung mengandung
makna besar, pelajaran yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya bagi
umat Islam. Maka tarikh dan ilmu mempunyai kegunaan dalam Islam menduduki arti
penting dan mempunyai kegunaan dalam kajian Islam. Oleh sebab itu, kegunaan
sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek yaitu kegunaan yang bersifat umum
dan yang bersifat khusus atau akademis.
Yang bersifat umum, sejarah
pendidikan Islam mempunyai kegunaan sebagai faktor keteladanan. Hal ini sejalan
dengan makna yang tersurat dan tersirat dalam Firman Allah SWT. Yang artinya ‘Sesungguhnya
telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi
orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak
menyebut Allah.” (QS.Al-Ahzab 33: 21)
Sedangkan yang bersifat akademis,
kegunaan sejarah pendidikan Islam selain memberikan perbendaharaan perkembangan
ilmu pengetahuan ( teori dan praktek), juga untuk menumbuhkan perspektif baru dalam rangka mencari relevansi
pendidikan Islam terhadap segala bentuk perubahan dan perkembangan ilmu
teknologi. Dengan mempelajari dan memahami sejarah pendidikan Islam, maka kita
akan dapat :
a.
Mengetahui
dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman
lahirnya Nabi Saw sampai sekarang ini.
b.
Mengambil manfaat dari proses pendidikan
Islam, guna memecahkan problematika pendidikan Islam masa kini.
c.
Memiliki sikap yang positif terhadap
perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam
Selain itu sejarah pendidikan Islam akan
mempunyai kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam.
Dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang
pernah dialami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap
berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.
Dengan mengkaji sejarah akan bisa
memperoleh informasi tentang pelaksanaan pendidikan Islam dari zaman Rosulullah
sampai sekarang mulai dari pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran, dan
kebangkitan kembali tentang pendidikan islam. Dari sejarah dapat diketahui
segala sesuatu yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan islam dengan
segala ide, konsep, intitusi, sistem, dan operasionalisnya yang terjadi dari
waktu ke waktu, jadi sejarah pada dasarnya tidak hanya sekedar memberikan
romantisme tetapi lebih dari itu merupakan refleksi historis.
Dengan demikian belajar Sejarah Pendidikan
Islam dapat memberikan semangat (back projecting theory) untuk membuka lembaran
dan mengukir kejayaan dan kemajuan pendidikan Islam yang baru dan lebih baik.
Dengan demikian sejarah pendidikan Islam sebagai study tentang masalah-masalah
yang berhubungan dengan sejarah pendidikan sudah barang tentu sangat bermanfaat
terutama dalam rangka memberikan sumbangan bagi pertumbuhan atau perkembangan
pendidikan.
Sejarah yang diartikan sebagai gambaran
tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun
secara ilmiah, meliputi kurun waktu tertentu, diberi tafsiran, dan dianalisis
secara kritis sehingga mudah dipahami dan dimengerti sehingga memiliki manfaat.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sejarah merupakan catatan yang berkaitan
dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat
maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.
Pengertian pendidikan Islam dapat
disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses bimbingan dari pendidik
yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan
diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi mislim yang baik (insan kamil).
Setelah kita mengetahui arti dari
sejarah dan pendidikan Islam, maka Sejarah Pendidikan Islam dapat diartikan
sebagai rekontruksi masa lalu pendidikan Islam, baik institusi maupun
kegiatannya.
Dengan mempelajari dan memahami sejarah
pendidikan Islam, maka kita akan dapat :
d.
Mengetahui
dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman
lahirnya Nabi Saw sampai sekarang ini.
e.
Mengambil manfaat dari proses pendidikan
Islam, guna memecahkan problematika pendidikan Islam masa kini.
f.
Memiliki sikap yang positif terhadap
perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam
B. Kritik
dan Saran
Dalam makalah ini pastinya terdapat
kekurangan yang menyertai kelebihan maka dari itu bila dalam kepenulisan,
pengetikan dan hal-hal yang lain yang mengikutinya mohon untuk memberi masukan
ataupun saran yang membangun sehingga dapat menjadi periksa. Selain itu juga
dapat bermanfaat umumnya kepada pembaca sebagaimana sebagai ilmu pengetahuan
dalam bidang sejarah pendidikan Islam.
DAFTAR
PUSTAKA
http://mandalapratama.blogspot.co.id/2012/03/sejarah-pendidikan-islam.html
http://www.seputarpengetahuan.com/2014/11/pengertian-sejarah-pendidikan-islam-beserta-ruang-lingkupnya.html
Engku,Iskandar. Siti Zubaidah.2014. Sejarah
Pendidikan Islam. Bandung. PT REMAJA ROSDAKARYA
Sudadi.
2015. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta. MEDIATERA
Yunus,Mahmud.
1410. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta. PT. HIDAKARYA AGUNG
1 komentar:
Ustadz Salaf
Contoh Kerangka Penelitian
samsung vs xiaomi
Ustadz Khalid Basalamah
Ustadz Syafiq Riza Basalamah
Ustadz Yazid Jawas
EmoticonEmoticon