logo blog

Thursday, August 10, 2017

KONSEP SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sejarah dan pendidikan adalah dua hal penting yang dapat dijadikan pijakan dalam menentukan maju dan mundurnya sebuah peradaban, karena dengan sejarah kita dapat belajar dari masa lalu untuk memperbaiki masa depan, sedangkan dengan pendidikan kita dapat mengupgrade tingkat sumber daya manusia.
Pendidikan Islam memunyai sejarah yang panjang, dalam pengertian yang lesuas-luasnya, pendidikan Islam berkembang seiring dengan munculnya Islam itu sendiri.
Oleh karena itu, mempelajari sejarah pendidikan adalah hal yang sangat penting, karena kita dapat menilai seberapa kemajuan pendidikan peradaban kita dari masa ke masa. Sebelum kita belajar banyak tentang Sejarah Pendidikan Islam, ada baiknya kita ketahui dulu pengertian sejarah, sejarah pendidikan Islam, obyek, materi dan tujuan mempelajarinya, agar memudahkan dalam mempelajari Sejarah Pendidikan Islam.
Sejarah pendidikan Islam, tidak terlepas dari sumber pendidikan Islam yaitu Allah SAW sebagai sumber utama melalui fiman-firmannya yang terdapat dikitab suci umat Islam yaitu Al-Quran. Sumber yang kedua ialah sunnah Nabi Saw. Yang mana dari beliaulah awal mula timbulnya sejarah pendidikan Islam, melalui sunnahnya. Oleh sebab itu sunnah mencerminkan prinsip, manisfestasi wahyu dalam segala perbuatan, perkataan dan taqriri nabi, maka beliau menjadi tauladan yang harus diikuti. Dalam keteladanan Nabi terkandung pendidikan yang sangat besar artinya, sumber pendidikan Islam selanjutnya adalah perkataan dan perbuatan sahabat yang merupakan penerus atau yang paling memahami Rasulullah, selanjutnya ijtihad. Sejarah pendidikan Islam amat perlu dipelajari dan dibaca oleh kalangan mahasiswa, calon guru agama Islam dan pengelola pendidikan Islam. Untuk itu dalam makalah kami akan membahas tentang sejarah dan penggunaan sejarah pendidikan Islam.



B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Apakah pengertian dari sejarah ?
2.      Apakah pengertian dari pendidikan Islam ?
3.      Apakah pengertian dari sejarah pendidikan Islam ?
4.      Apakah kegunaan atau manfaat dari sejarah pendidikan Islam ?

C.    Tujuan Masalah
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1.      Menjelaskan pengertian dari sejarah
2.      Menjelaskan pengertian dari pendidikan Islam
3.      Menjelaskan pengertian dari sejarah pendidikan Islam
4.      Menjelaskan kegunaan atau manfaat dari sejarah pendidikan Islam

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sejarah
Kata sejarah secara etimologi dapat diugkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikh, sirah, atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh yaitu ilmu yng membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history, yang berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau.
Adapun sacara terminology sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa pentingyang terjadi di masa lampau dan benar-benar pada individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi. Jadi, sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.

B.     Pengertian Pendidikan Islam
Pendidikan Islam yaitu proses bimbingan seorang pendidik tehadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta kearah terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena pendidikan Islam merupakan alat yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh ketentraman hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat. Dalam hal ini, pendidik berperan sebagai pemegang alat kunci yang banyak menetukan keberhasilan suatu proses pendidikan, sebagaimana telah berkembang di berbagai daerah dari system yang sangat sederhana sampai pada system pendidikan Islam yang modern.
Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat merupakan pendidikan yang lebih mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, sikap, baik bagi keperluan individu maupau orang lain yang bersifat teoritis dan praktis.
Agus Basri,  dalam bukunya Pendidikan Islami sebagai Penggerak Pembaharuan. mengatakan bahwa pendidikan adalah usaha mendorong dan membantu seseorang mengembangkan segala potensinya serta mengubah diri sendiri, dari suatu kwalitas kepada kwalitas yang lain yang lebih tinggi.
Dari berbagai pengertian pendidikan Islam diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi mislim yang baik (insan kamil).

C.    Pengertian Sejarah Pendidikan Islam
Berangkat dari pengertian sejarah dan pengertian pendidikan Islam yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa sejarah pendidikan Islam adalah sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu sejak Islam lahir sampai masa sekarang. Zuhairini dkk (1992: 2) megungkapkan bahwa: Sejarah Pendidikan Islam atau “Tarikhut Tarbiyyah Islamiyyah”  adalah sebagai berikut: (a) keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan masa sekarang; dan (b) cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembagan pendidikan Islam, baik dari segi ide kan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang.
Drs. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan Islam yaitu :
a)      Catatan sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam sejak lahirnya Nabi hingga saat ini.
b)      Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga mupun opersinalasasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.
Setelah kita mengetahui arti dari sejarah dan pendidikan Islam, maka Sejarah Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai rekontruksi masa lalu pendidikan Islam, baik institusi maupun kegiatannya.

D.    Kegunaan atau Manfaat Sejarah Pendidikan Islam
Secara umum sejarah mengandung kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah menyimpan atau mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi pertumbuhan serta perkembangan kehidupan umat manusia. Sumber utama ajaran Islam adalah al-qur’an yang mengandung banyak sekali nilai-nilai kesejarahan, yang langsung dan tidak langsung mengandung makna besar, pelajaran yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya bagi umat Islam. Maka tarikh dan ilmu mempunyai kegunaan dalam Islam menduduki arti penting dan mempunyai kegunaan dalam kajian Islam. Oleh sebab itu, kegunaan sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek yaitu kegunaan yang bersifat umum dan yang bersifat khusus atau akademis.
Yang bersifat umum, sejarah pendidikan Islam mempunyai kegunaan sebagai faktor keteladanan. Hal ini sejalan dengan makna yang tersurat dan tersirat dalam Firman Allah SWT. Yang artinya ‘Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS.Al-Ahzab 33: 21)
Sedangkan yang bersifat akademis, kegunaan sejarah pendidikan Islam selain memberikan perbendaharaan perkembangan ilmu pengetahuan ( teori dan praktek), juga untuk menumbuhkan perspektif  baru dalam rangka mencari relevansi pendidikan Islam terhadap segala bentuk perubahan dan perkembangan ilmu teknologi. Dengan mempelajari dan memahami sejarah pendidikan Islam, maka kita akan dapat :
a.       Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya Nabi Saw sampai sekarang ini.
b.       Mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam, guna memecahkan problematika pendidikan Islam masa kini.
c.        Memiliki sikap yang positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam
Selain itu sejarah pendidikan Islam akan mempunyai kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah dialami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.
Dengan mengkaji sejarah akan bisa memperoleh informasi tentang pelaksanaan pendidikan Islam dari zaman Rosulullah sampai sekarang mulai dari pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran, dan kebangkitan kembali tentang pendidikan islam. Dari sejarah dapat diketahui segala sesuatu yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan islam dengan segala ide, konsep, intitusi, sistem, dan operasionalisnya yang terjadi dari waktu ke waktu, jadi sejarah pada dasarnya tidak hanya sekedar memberikan romantisme tetapi lebih dari itu merupakan refleksi historis.
Dengan demikian belajar Sejarah Pendidikan Islam dapat memberikan semangat (back projecting theory) untuk membuka lembaran dan mengukir kejayaan dan kemajuan pendidikan Islam yang baru dan lebih baik. Dengan demikian sejarah pendidikan Islam sebagai study tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan sejarah pendidikan sudah barang tentu sangat bermanfaat terutama dalam rangka memberikan sumbangan bagi pertumbuhan atau perkembangan pendidikan.
Sejarah yang diartikan sebagai gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiah, meliputi kurun waktu tertentu, diberi tafsiran, dan dianalisis secara kritis sehingga mudah dipahami dan dimengerti sehingga memiliki manfaat.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.
Pengertian pendidikan Islam dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi mislim yang baik (insan kamil).
Setelah kita mengetahui arti dari sejarah dan pendidikan Islam, maka Sejarah Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai rekontruksi masa lalu pendidikan Islam, baik institusi maupun kegiatannya.
Dengan mempelajari dan memahami sejarah pendidikan Islam, maka kita akan dapat :
d.      Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya Nabi Saw sampai sekarang ini.
e.        Mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam, guna memecahkan problematika pendidikan Islam masa kini.
f.        Memiliki sikap yang positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam

B.     Kritik dan Saran
Dalam makalah ini pastinya terdapat kekurangan yang menyertai kelebihan maka dari itu bila dalam kepenulisan, pengetikan dan hal-hal yang lain yang mengikutinya mohon untuk memberi masukan ataupun saran yang membangun sehingga dapat menjadi periksa. Selain itu juga dapat bermanfaat umumnya kepada pembaca sebagaimana sebagai ilmu pengetahuan dalam bidang sejarah pendidikan Islam.

DAFTAR PUSTAKA

http://mandalapratama.blogspot.co.id/2012/03/sejarah-pendidikan-islam.html
http://www.seputarpengetahuan.com/2014/11/pengertian-sejarah-pendidikan-islam-beserta-ruang-lingkupnya.html
Engku,Iskandar. Siti Zubaidah.2014. Sejarah Pendidikan Islam. Bandung. PT REMAJA ROSDAKARYA
Sudadi. 2015. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta. MEDIATERA
Yunus,Mahmud. 1410. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta. PT. HIDAKARYA AGUNG